.

Memuat...

Sekolah Islam Al ‘Alaq Jatibening Bekasi.

Sekolah Islam dengan fokus jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak dan Taman Bermain yang berlokasi di daerah Jatibening Bekasi ini berupaya hadir sebagai mitra Ayah dan Bunda untuk membantu mengarahkan ananda sesuai kemampuan, minat dan bakatnya untuk berkembang secara harmonis dan seimbang antara IQ, EQ, dan SQ, agar kelak ananda menjadi generasi penerus yang dapat berprestasi, bijak, taat pada agama, berilmu dan bernilai hidupnya, demikian dikatakan Shanty Moeis Gustomi, SE, MBA selaku Pimpinan Sekolah Islam Al ‘Alaq ini.

Menempati area seluas 1000 m2 Sekolah Islam Al ‘Alaq ini ditunjang oleh tenaga pengajar Sarjana Pendidikan yang berpengalaman, terampil menangani anak-anak, menguasai aktif Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan memahami metode pengajaran efektif. Dilengkapi dengan ruang kelas luas, ber AC, dilengkapi fasilitas furniture yang sangat baik. Juga tersedia Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Music Room, 2 buah Aula, Kebun dan Kolam Ikan, Mini Stage untuk Performance Art, Kitchen, Ruang makan luas, Arena bermain outdoor dan indoor, Lapangan basket mini, Mushalla yang dilengkapi dengan areal wudhu, Ruang guru serta Toilet anak-anak yang terpisah antara pria dan wanita.

Sekolah Islam Al ‘Alaq ini memiliki Visi Pendidikan antara lain membantu proses pembentukkan generasi muslim yang lebih berkualitas, beriman, bertaqwa, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, terampil, memiliki empati terhadap sesame, disiplin, mandiri dan dapat berkembang sesuai dengan talentanya dan juga memiliki Misi Pendidikan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap Allah SWT, Nabi Muhammad SAW beserta ajaran dan larangan-Nya. Mengembangkan potensi dan kemampuan intelektual, emosi dan spiritual agar dapat berkembang seimbang dan harmonis mendukung kemampuan akademis dan bakat yang dimiliki.

Kurikulum pendidikannya dirancang secara dinamis dan selalu disesuaikan dengan perkembangan pengetahuan dan informasi, disampaikan dengan metode explorasi, experiment dan praktek langsung, agar ananda lebih cepat menyerap, lebih lama mengingat dan lebih kritis dalam berpikir. Ini terlihat dari materi pendidikan yang diberikan antara lain seperti :
  • Pengetahuan Dasar Agama Islam,
  • Pengenalan Bahasa Inggris,
  • Pengenalan Bahasa Arab,
  • Praktek komputer,
  • Sains dan percobaan,
  • Berkebun,
  • Video program,
  • Fun Cooking,
  • Iqro dan praktek sholat,
  • Art (keterampilan, menyanyi dan menari) serta
  • Olah raga outdoor/indoor, renang.
Tahun ajaran baru disesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah yaitu pada bulan Juli setiap tahunnya, dengan jadwal belajar
Taman Kanak-kanak :
Senin s/d Kamis (07.30 – 10.30 WIB).
Jum’at (07.30 – 10.00 WIB).
Taman Bermain :
Senin – Rabu – Jum’at (08.00 – 10.00 WIB).

Pendaftaran siswa baru untuk setiap tahun ajaran baru dimulai pada tanggal 1 Februari s/d 30 Juni dengan syarat pendaftaran antara lain :
  • Taman Bermain Kecil, pada bulan Juli telah berusia 2 tahun.
  • Taman Bermain Besar, pada bulan Juli telah berusia 3 tahun.
  • Taman Kanak-kanak, pada bulan Juli telah berusia 4 tahun.
  • Mengisi dan menyerahkan Form Pendaftaran.
  • Foto copy Akte Kelahiran 1 lembar.
  • Pas Foto ukuran 4 x 6 1 lembar.
  • Melunasi biaya administrasi dan keuangan.
Untuk informasi lebih jelasnya silahkan hubungi :
Sekolah Islam Al ‘Alaq
Jl. Ratna No.23 Jatibening
Bekasi 17146
Telp : 021-68627280
Fax : 021-84992039

Contributor : Ibu. Amelia A.

72 komentar:

mama alvin mengatakan...

trims, sudah memuat al'alaq. anak saya dulu PG dan TK nya di sini, alhamdulillah sampai saat ini kls 5 prestasinya tetap menonjol, karena sudah terbina sejak 2 th. saya rekomendasikan sekolah ini buat ibu/bpk yg domisili sekitar jatibening-cikunir. karena kualitasnya jauh dibanding sekolah ternama yg ada di sekitaran bekasi. ahirnya 3 anak saya dan 5 keponakan semuanya sekolah di al'alaq. hebat lho semua mereka ini punya prestasi yang bagus waktu masuk sd. personal servicenya benar2 bagus. selamat ya bu shanty,bu maya, bu dewi,bu heksa,bu novi, bu lid, bu sri....kabarnya masih setia ya. (mama nya alvin)

amelia mengatakan...

Terima kasih mama Alvin atas saran dan pujiannya...saya sebagai orang tua yang anaknya juga bersekolah di TK Al Alaq merasa sangat puas akan hasil yang dicapai disekolah ini. Untuk guru-gurunya Insya Allah masih yang lama dan ditambah beberapa guru baru. Oh ya Mama Alvin Insya Allah Al Alaq akan membuka SD - mudah-mudahan infonya bisa saya tuliskan lagi di zona sekolah...:-)

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, saya bahagia dan terharu dengar info Al'Alaq mau buka SD. sudah lama saya idam2kan. bukan apa2, karena saya tau insya allah yang tertuang dari pemikirannya ibu kepsek, bakal berkualitas. sy pernah bincang2 ttg konsep sekolah menurut pemikiran beliau. sampe merinding...tapi sy tunggu2 koq belum lahir2 SD nya. good luck lah, maju terus...insya allah banyak peminatnya...sayang anak sy sudah kelas 3, n adiknya belum lahir...
salam
Rinta Aji (mamanya Ima)

amelia mengatakan...

Terima kasih mba Rinta atas kunjungannya di blog ini, kalau sempet dateng ya ke acara Launching SD Islam Al Alaq, Insya Allah tgl. 14 Maret nanti. Makasih. Amelia (bundanya Bagas)

mama andaluri mengatakan...

bunda bagas, sharing dunk ttg skul ini...pernah dengar dari teman di cibubur, tp pengen tau bagusnya gimana,aq kbtulan d jatikramat indah estate, trus bedanya ma skul yg lain apaan? krn dari luar kn g besar2 amat, masa sh 1000m, segitu kn luas, gurunya merhatiin g sh ke anak, aq butuh tk nih untuk anakku, maunya yg bagus, g komersil, bersih, fasilitas ok, ato punya referensi skul lain??? tengkiyu yeah... (mama andaluri)

Amelia (Bunda Bagas) mengatakan...

Terima kasih mama Andaluri atas kunjungannya di ZonaSekolah, mudah-mudahan shearing saya dapat memuaskan pertanyaan mama. Untuk TK Al Alaq saya bilang bagus, gedung :ruangan kelas besar diisi dengan bangku dan meja (bukan dari kayu ya..), ber AC, 1 kelas TK B muridnya 12 orang dengan 2 guru. Ada tempat makan bersama, Aula (biasa dipakai buat acara sekolah), mushollah, ruang komputer, mainan untuk anak-anak banyak. Kurikulum : ada pelajaran sains (ada percobaan kecil-kecil, misal membuat planet dari bola..), iqro, bahasa Arab, bahasa Inggris, matematika, art,menulis dan membaca yang kesemuanya dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan...Suasana : lebih terasa kekeluargaan, perhatian guru terhadap anak murid sangat besar, ini saya alami ketika Bagas (TK B) sama sekali belum bisa membaca - karena suka lupa huruf, bu guru berkonsultasi dengan orang tua untuk memberikan jam tambahan khusus tanpa dipungut bayaran... Alhamdulillah sekarang Bagas sudah bisa membaca (Insya Allah tahun ini akan masuk SD), Field Trip biasanya ke tempat-tempat yang bermanfaat contoh : ke pabrik danone (biskuat), majalah bee, dll. He...he... orang tua dimana-mana sama ya mama.. guru bagus, fasilitas ok, gak komersil, bersih.
Saya disini hanya kontributor - bukan sales TK Al Alaq, saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya rasakan. Oke deh mama, sekian sharing saya (takut kepanjangan), untuk keterangan lebih lanjut mengenai Al Alaq silahkan mama menghubungi TK Al Alaq di Jalan Ratna no. 23 Jatibening. Oh ya, Insya Allah tgl. 14 Maret 2009 akan ada launching SD Al Alaq, silahkan mama datang (undangan untuk umum - bilang aja diundang bunda Bagas...he...he...)
makasih

mama andaluri mengatakan...

Ass Bunda Bagas, thx infonya, insya Allah hari Sabtu kami akan datang melihat langsung, jadi penasaran karena dari infonya sepertinya sekolah ini oke banget, mudah2an benar ya Bun.
biasanya kalo yg bicara ortu..insya allah pengalaman sebenarnya bukan bahasa sales. sebenarnya sudah 4 sekolah yg disurvey, tapi koq belum sreg n klik antara info di brosur ama sesungguhnya.Info SD juga sudah nyampe...tambah bikin penasaran kata suaminya teman kelasnya kaya hotel,kaya kantor, kaya sekolah luaran gitu, BTW...bun, mahal gak sih? takut gak ketanjak kalo dikit2 kegiatan bayar rupee....heheehe

Amelia (Bunda Bagas) mengatakan...

Wa'alaykum salam...

Mbak, untuk pembayaran memang dilakukan untuk dua tahun (TK A dan TK B, jika memang langsung masuk TK), dan biasanya kita bisa bernegosiasi untuk jangka waktu pembayaran.. (bisa dicicil). Kalau menurut saya sih gak terlalu mahal, jika dilihat dari program yang diberikan disekolah ini, dan enaknya karna dah bayar sekaligus kita gak perlu bayar-bayar apa-apa lagi, dah terima beres pokoknya...:-)
oke deh, Insya Allah ketemuan ya di sekolah Al Alaq (sayangnya anak saya gak masuk SD di sini...he...he...)

mama anda mengatakan...

Bun...baca info yang terakhir jadi agak kendur semangat nih, padahal udah semangat 45, aq sih yakin ama Bunda Bagas, ampe papanya 'anda' bilang udah deh kita ikut aja apa katanya bunda bagas (padahal belum kenal ya...modal percaya aja)paling ga tk-sd ga usah mikir lagi.tapi kalo bagas aja yg bundanya recomend ga lanjut, gimana anda, duuh bunda ..aq jadi bingung lagi nih...(bun aq kan belum pengalaman nyekolahin...minta saran dari hati donk bun, atau ada sekolah lain? maklum lah bun kalo anak pertama kan musti seleksi banget, kalo adiknya tinggal ngikut.) maaf lho bun...ngerepotin (kaya'nya bunda orangnya asyik...kapan ya bisa konsul...gratis kan??)

Amelia (bunda Bagas) mengatakan...

Dear mama anda, kok udah gak semangat gitu sih ?? Bagas tidak saya masukkan ke SD Al Alaq bukan karena ada apa-apa, tapi Bagasnya sendiri yang mau sekolah bareng kakaknya....
(artikel untuk sekolah kakaknya sedang di setting, tunggu aja tanggal mainnya...he...he..), Insya Allah kalau mama besok datang, mama akan melihat seperti apa sih sekolah Al Alaq itu..;-) oke ya, saya tunggu kedatangannya. Oh ya kalau mau sharing yang lain boleh liwat e-mail saya...:-)
salam kenal

mama anda mengatakan...

bunda, sy hadir di acara launching, saya tanya gurunya ,bunda bagas mungkin belum datang.banyak dapat inspirasi ya, dan sekolahnya biar kecil tapi mud-up banget. yang terasa memang pemiliknya sangat ramah-dan mengajak kita untuk berpikir ttg masa depan anak secara modern islami. Alhamduilillah sy langsung daftar untuk TK, walaupun belum lihat gedung TK nya. Papanya Anda sangat terkesan dengan konsep sekolah yang benar2 beda dan baru. BTW bunda kenapa ga hadir?? lagi pergi atau terlambat bun??
Blog ini jadi seperti milik kita berdua ya (email nya mana) trims Bun...

SUDARMEDI mengatakan...

AKHIRNYA PERJUANGAN KAMI UNTUK MENDAPATKAN SEKOLAH BAGI PUTRA KAMI BERAKHIR SUDAH, SETELAH DITOLAK DI BANYAK SEKOLAH YANG TAK MAU MENERIMA ANAK AUTIS, DAN SETELAH BROWSING INTERNET, AKHIRNYA KAMI MENDAPATKAN AL'ALAQ SATU2NYA SEKOLAH YANG MAU MENERIMA ANAK KAMI TANPA SYARAT APAPUN, TAK HENTINYA KAMI BERSYUKUR, KARENA UNTUK MENJADI NORMAL ANAK KAMI HARUS SOSIALISASI,DAN AL'ALAQ MENERIMANYA..(SUDARMEDI DAN ISTRI, SAKURA REGENCY)

Amelia (bunda Bagas) mengatakan...

dear mama Anda, maaf baru bisa akses lagi nih, Sabtu kemaren saya hadir, cuman telat jam 10 baru sampai, kemaren saya cari-cari dan tanya ke guru gak ada tahu..:-(
ini alamat e-mail saya : alifbagas@yahoo.com.sg
silahkan hubungi saya kalau mau curhat atau sharing... saya tunggu

Amelia (bunda Bagas) mengatakan...

Terima kasih pak Sudarmedi atas tanggapannya tentang sekolah Islam Al Alaq, mudah-mudahan anak bapak dapat bersosialisasi dan berkembang dengan baik di sekolah ini....

Tyas (Bunda Naufal) mengatakan...

Ass Bunda, saya ibu baru anak saya sekarang berumur 2 tahun saya pengen sekali menyekolahkannya, karena dilingkungan rumah kami jarang anak seusia dia sehingga kurang bersosialisasi, saat ini saya sedang pilih2 sekolah cuma kok mahal2 sekali ya.. saya berkali2 lewat cuma belum berani mampir karena takut mahal boleh minta infonya bu.. tentang biaya bisa di email saya tyas_k24@yahoo.co.id terimakasih wassalam

mama alisya mengatakan...

Bunda Naufal...salam kenal,maaf saya ikutan balas ya..anak saya kebetulan dulu sekolah di sini, awalnya saya berpikir mahal, tapi ternyata setelah di banding dg sekolah sekitarnya, ternyata jauh lebih murah, karena dengan biaya yang sama, fasilitasnya jauh berbeda, dan tidak ada pungutan biaya lain2.sistim pembayaran juga bisa di kompromikan. kalo tak salah sekarang sekitar 5-an.untuk yg usia 2th..menurut saya sih bunda datang aja dulu, biar ga penasaran. tapi bener koq, tetangga sy tempo hari di ajakin ga mau, shg coba di tempat lain...ahirnya anaknya di pindah juga ke sini krn sudah tk.b tapi koq belum bisa baca. kalo disini enaknya..buat yang sibuk bisa terima beres....karena sekolahnya sangat peduli dengan kualitas lulusannya. sungguh koq ini pengalaman saya, karena anak sy sudah 3 dan bersekolah di 3 tempat, dari perbandingan ternyata al'alaq yg paling baik. kan anak itu investasi masa depan buat kita....sy pikir bunda naufal coba dulu deh....insya allah semua keluhan ada jalannya.trims (mama alisya)

Amelia (Bunda Bagas) mengatakan...

Waalaykum salam... terima kasih bunda Naufal telah mampir ke zona sekolah, bunda untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi Sekolah Islam Al Alaq alamat dan nomor telp yang bisa dihubungi ada di artikel.
Terima kasih
Amelia (bunda Bagas)

bunda Naufal mengatakan...

terimakasih bu insyaallah saya akan mampir

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum mba Amel,
Ternyata udah lama ga ketemu, malah ketemu disini ya mba. Sekedar sharing untuk ayah dan bunda yang lain...Anak saya (Rafi Ilzan) juga bersekolah di Al Alaq sejak TK A. Mulai dari TK A hingga saat ini (TK B), alhamdulillah saya puas dengan pencapaian yang diperoleh, oleh anak saya. Pendekatan yang dilakukan oleh Sekolah Islam Al Alaq adalah pendekatan individual, dan komunikasi ke pihak sekolah tidak birokratis (bisa kapan saja dan dimana saja). Tahun ajaran 2009/2010 ini, Al Alaq membuka tingkatan elementary, dengan konsep bilingual, modern, individual approach dan Rafi dengan teguhnya bilang ke saya, "Bunda.. Abang pokoknya maunya sekolah di Al Alaq" :)

wassalam
Isma

mir mengatakan...

Assalamualaikum...salam kenal sebelumnya...
saya Mirna di Jatibening 2, membaca tulisan Mba2 semua, saya jadi terpikat dan terpancing,anak saya 4th akan masuk TK, mohon infonya ttg sekolah ini, bagusnya yg bgmn sih? bagus menurut Mba krn anak2 mmg kebetulan school disini, shg mau ga mau harus bilang bagus, atau mmg pada kenyataannya bagus menurut semua org, terus terang jarak g terlalu jauh dari rmh sy, jd memungknkan klu anak sy brsekolah di situ, sy jd rada phobi milih school, krn sdh 3x anak sy pindah school karena mogok, makanya rada selektif, krn school yg terakhir di JBE, katanya
bagus, janji bgini begitu,..pas udah school, sy kecewa....Please Mba2, sy bner2 bingung...kira2 klw orang luar lihat apakah juga bilang bagus???
terus...yayasan nya arogan ga ya Mba??? trims

mustika mengatakan...

ass mba amel, saya sama dg postingnya mba mir, ingin tahu bagusnya al'alaq bagaimana, yg beda apanya dg sekolah lain, karna sy juga baca di blognya ke2nai komentnya juga sama, malah setelah pakai survey segala..mohon dijawab ya bun karena zaman sekarang milih sekolah gak seperti zaman kita dulu.terima kasih ya mba amel, salam kenal

ke2nai mengatakan...

bunda bagas.. salam kenal y... anak kita satu sekolah ternyata :) Tapi anak sy msh di TK A (keola), trus adiknya ada di PG kecil (Naima)

Kalo sy postingan disini kebanyakan nanya ttg biaya y.. Kl kata sy biaya yg kita keluarkan di Al-Alaq tuh gak bikin kita rugi apalagi pusing. Menurut pengalaman sy ada bbrp org tua yg langsung membandingkan dg sekolah yg lebih punya nama, krn kalo kita hanya lihat nominalnya spp di al-alaq kurleb sm dgn yg di sekolah2 ternama. Tp kl kita mau berhitung lagi sebenernya kita diuntungkan dg sekolah disini. Bener spt bbrp komen diatas, kita tiap bulan hy berkewajiban byr spp aja. Kl ada kegiatan apa2 gak ada bayaran lg. Pokoknya tau bersih. Pdhl al-alaq cukup aktif sy rasa. Ada field trip (thn ajaran ini aja udh 2x), blm lagi family gathering (udh 2x juga), dll. Tp kita bener2 gak dipungut bayaran lagi.

Personal touchnya juga bagus. Sbg contoh, wkt cari sekolah u/ anak sy yg pertama sy sempet bingung bgt krn anak sy ini agak lama u/ beradaptasi dg suasana atau org baru. Kl dipaksa bisa2 dia kapok (kl dipaksa anak sy malah tbh keras). Semua sekolah sy ty sp kapan sy boleh nemenin anak sy di kelas? Semua bilang hy boleh seminggu. Selebihnya org tua atau pengantar hy boleh nunggu diluar. Klpun anaknya nangis itu dianggap sbg senjata seorang anak kecil. Tp di al-alaq beda. Sp 2 bulan lebih sy nungguin di kelas. Walopun sy senang krn peraturan al-alaq gak kaku tp dlm hati khawatir juga, takutnya anak sy bener2 gak bs di lepas sendiri. Tp justru gurunya yg bilang ke sy u/ sabar suatu saat nanti dia pasti berani. Kami pun berdiskusi sebaiknya Keola ini diperlakukan spt apa (maksudnya spy Keke tetap di perlakukan sama baik itu di rumah & di sekolah). Para guru bener2 sabar, gak pernah maksa anak u/ berani tp membuat anak menjadi berani dg cara membujuk & byk memberi pujian. Alhamdulillah sekarang Keke udh berani, malah skrg cukup di drop aja sm ayahnya (pdhl dulu bener2 nempel sm sy)

Pokoknya komunikasi di Al-ALaq bagus. Untuk anak PG ada raport harian. Jadi untuk org tua yg kerja terutama sangat menolong sekali sy rasa. Sy aja yg ibu rmh tangga tetap ditanggapi dengan baik sekali kl y tanya ini-itu. Pdhl dipikir2 kan udah ada raport harian y, tp mereka tetap mau menanggapi pertanyaan sy dg baik.

Kl yayasan, di al-alaq itu gak ada yayasan. POMG juga gak ada. Wkt rapat ortu pemilik sekolah pernah nawarin mau bikin POMG apa gak, tp gak ada org tua yg bersedia jd bengurus :D Kl sy sie lbh enak kyk skrg gak pk yayasan atau POMG kalo ada sesuatu yg mau di tanyakan atau mau ksh masukan tinggal blg lsg aja ke guru atau bahkan ke pemilik sekolah. Pemilik sekolahnya juga lumayan aktif kok ada di sekolah. Dan spt yg sy tulis di atas baik itu guru ataupun pemilik sekolah semuanya ramah kok.

Pokoknya sy sangat terkesan dg sekolah ini. Untuk SDnya nanti juga sy mau sekolahin di al-alaq aja.

Kalo mau tau lebih banyak ttg kegiatan al-alaq mungkin bisa liat juga di blog sy http://ke2nai.blogspot.com

siti aisyah ramli mengatakan...

terima kasih al'alaq...6 bulan lalu saya mengobservasi playgrup dan TK, untuk bahan skripsi,
kebetulan saya penelitian di 4 tempat.sekarang saya sudah lulus dan baru bekerja di surabaya. kesan yang saya dapat, pemiliknya sangat ramah, agak berbeda dg tempat yang lain, semua data diberikan tanpa curiga,yang membuat saya terkejut saat saya observasi selama 4 hari, saya dapat juga makan siang dan penggantian transport. alasannya membuat saya tersanjung...supaya saya bisa konsentrasi dengan apa yg saya tulis...dan kalo saya jadi guru atau punya sekolah supaya memperlakukan mahasiswa juga dengan baik, pake hati.(jujur sih, tadinya saya mikir kalo bolak balik beberapa hari..berat juga)malah kalo kurang data bisa tanya lewat telp atau di fax.alhamdulillah sekali saya observasi di situ, ternyata kata perugas TU di kampus...mahasiswa selalu milih al'alaq karena dapet uang saku...terima kasih al'alaq, alhamdulillah saya bisa ucapin ini di zona sekolah

Amelia (Bunda Bagas) mengatakan...

Assalamu'alaykum....

terima kasih buat mama Rafi seneng deh ada temen yang bisa bantuin komen disini...he...he...
Untuk mbak Mir dan bunda lainnya yang masih agak bingung... kayaknya descripsi buat sekolah Al Alaq udah lengkap banget nih..:-) tapi untuk menyakinkan kembali silahkan bunda datang langsung ke sekolah Islam Al Alaq....
salam kenal buat bunda-bunda semua...

Amelia (Bunda Bagas) mengatakan...

special buat mbak Mir,
saya juga punya pengalaman yang sama dengan mbak, sebelum di Al Alaq, Bagas sekolah deket rumah, tapi baru beberapa bulan dah mogok, gak tanggung-tanggung 4 bulan...he...he...
sekarang malah kalau libur malah pengennya sekolah..:-)

SEKOLAH ISLAM AL'ALAQ mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb
Wabil khusus Bunda Bagas yang dengan aktif mengelola blog ini
Terima kasih juga buat Mama Alvin -Mama Ima - Mama Anda- Bp Darmedi - Bunda Naufal - Mama Alisya - Mba Mirna - Mba' Mustika - Bunda Ke2nay - Dik Siti - dan Bunda Abang Rafi

Mewakili semua teman2 yang ada di Al'Alaq - saya mengucapkan terima kasih atas semua masukannya, mudah2an sekolah kita bisa terus di update kualitasnya, dan semua itu berkat doa dan kepercayaan yang tulus dari semua orang tua murid...

Buat Bunda or Mama yang belum sempat hadir di Al'Alaq...kami tunggu, supaya bisa kenal lebih jauh, insya Allah semua kekhawatiran nya bisa berkurang - dan alhamdulillah kalau langsung hilang. Kalau Bunda/mama bisanya cuma hari sabtu, boleh koq...hubungi ke Ibu Maya 686 27280.

Insya Allah semua komentar positif di atas akan menjadi motivasi sy dan teman2 u/memberikan yang terbaik buat anak2 kita tercinta...kalaupun ada masukan spesial...please, jangan ragu untuk sampaikan ke saya langsung...

Bunda Bagas....alhamdulillah berkat blog ini, yg belum kenal Al'Alaq bisa tau...semoga kedepannya Al'Alaq semakin kena di hati...(doain ya..)

Wassalam
Shanty M mewakili teman2 yang ada di Al'Alaq

Ketibandaru mengatakan...

Assalaamu'alaykum,...
Salam kenal, saya Mama Raynar. Akhir tahun ini InsyaAlloh kami sekeluarga akan pindah ke Bekasi. Sedang mencari info sekolah di Bekasi, saya ketemu blog ini. Karena komentar-komentar di atas menarik, saya berencana suatu saat nanti saya akan berkunjung ke sekolah Al 'Alaq. InsyaAllah.
Pertanyaan saya, apakah Al 'Alaq memiliki Psikolog di sekolah?
Dan kepada teman-teman di atas, salam kenal, saya link blog teman-teman ya, saya blogger baru...
Terimakasih...

Amelia (bunda Bagas) mengatakan...

Wa'alaykum salam Mama Raynar...

Maaf baru saya beri komentar ya..:-),
Terima kasih atas pertanyaannya, nanti coba akan saya tanyakan.
Atau untuk jelasnya mama bisa langsung menghubungi Sekolah Islam Al'Alaq Jl. Ratna No. 23 Jatibening - Bekasi 17146. Telp. 021-68627280 fax. 021-84992039.
Terima kasih Mama.
Wassalam

Amelia (bunda Bagas

Rahmat mengatakan...

moga makin sukses...

mubarok mengatakan...

Wah... saya baru dengar ada SD Al-Alaq. lokasinya dekat dengan TK Al-Alaq?

Shanty Moeis (mewakili teman2 di Al'Alaq) mengatakan...

Thx mama Raynar...ditunggu kehadirannya di Al'Alaq, mama bisa datang kapan saja...semoga bisa bergabung menjadi keluarga besar Al'Alaq.

U/ pak Rahmat terima kasih doanya...berkat dukungan semua pihak Al'Alaq bisa seperti sekarang ini

Pak Mubarok (apakah ini pak Bahrun Mubarok)??
Alhamdulillah per tahun ajaran 2009-2010 ini Sekolah Islam Al'Alaq - Elementary sudah berjalan, lokasinya di Jl. Raya Ratna No. 99 Jatikramat, Insya Allah pembangunan gedung nya akan segera di mulai, tolong doa nya

Terima kasih sudah berkunjung, thx juga u/bunda Bagas, semoga kita semua dilindungi Allah . Amin

topik amrullah mengatakan...

saya sudah lama mendengar nama al'alaq, dan baru sempat 1x mampir ke kindergarten...kesannya ramah...bagus lah.

saya mendapat info tentang SD nya, penasaran saya datangi...kesannya, bagus ..kelasnya mewah...dan semua gurunya berbahasa inggris

pertanyaannya...biaya bisa di angsur gak ya?
anak saya akan sd tahun depan
terima kasih

dzaki mengatakan...

assalamualaikum...saya insya allah bulan mei tahun 2010 mau pindah ke bekasi timur...anak saya yg besar 4,5 thn, skrg sdh PG di sekolah alam bina anak sholeh, yogyakarta..mau tanya utk 1 kelasnya berapa anak ya, perbandingan dengan gurunya gimana?..jam sekolahnya?...kalo dari arah bekasi timur macet nggak ya?..makasih ya...ditunggu infonya...

Shanty Moeis (mewakili teman2 di Al'Alaq) mengatakan...

Ass wr wb pak Topik, trims untuk kunjungannya,dan kesan positifnya. klw bicara biaya sangat relatif,administrasi bisa di angsur 50% saat pengembalian form dan 50% bulan berikutnya.
kami sangat menganjurkan agar ananda di bawa berkunjung ke SD Al'Alaq...agar kenal lebih dekat, karena nantinya Ananda yg akan bersekolah...jadi boleh kan pak Ananda ikut memutuskan...? kami tunggu kehadirannya
Wass

Shanty Moeis (mewakili teman2 di Al'Alaq) mengatakan...

Yth. Pak Dzaki
untuk kindergarten 1 kelasnya 15 anak dengan 2 orang guru, jam sekolahnya 7.30 s/d 10.30
kami memiliki 3 kelas paralel u/ TK.A
kalau dari bekasi timur....rasanya lumayan jauh, kasihan ananda krn harus bangun pagi u/menempuh jarak yang banyak macetnya
mungkin di sekitar bekasi timur banyak sekolah2 yng bagus, ada al azhar, thoriq bin ziyad..dn yg lainnya sy kurang begitu paham
sekali lagi thx sudah berkunjung di blog ini
mudah2an klw ananda sdh usia SD lebih bisa memaklumi kalau terjebak macet u/ bisa mencapai SD Islam Al'Alaq....ditunggu kehadirannya
wass.

seoholics mengatakan...

Seo Adventure
Sebuah Lembaga event Organizer yang bergerak di Bidang OUTBOND mengajak Kerja Sama Di bidang Jasa yang itu Fasilitator dalam berbagai permainan OUTBOND
untuk Info :
Rahmat 02192035266 - 085711671210

thanks

Owner

Anonim mengatakan...

Ass ww, saya Mama Lina,anak saya saat ini kelas 1 di sd Syf B yang berlokasi di Persada Golf. saya dan suami berencana memindahkan anak saya ke Al'Alaq Elementary tahun ajaran depan di kelas 2. sebenarnya sejak 3 bulan pertama saya sudah menyesal mengapa tidak mengikuti pilihan nurani sendiri.waktu itu saya terpengaruh dengan bujukan teman untuk menyekolahkan di tempat yang sekarang dengan alasan al'alaq waktu itu sekolah baru,belum tau kualitasnya.ahirnya sy memilih tempat lain dengan pertimbangan sama2 bilingual,muslim dan sudah pengalaman.ternyata saya kecewa...yang didapat anak saya tidak seperti yang dijanjikan.
terus terang saya benar2 menyesal.sekolah anak saya begitu kaku menurut saya.pertanyaan saya apakah al alaq menerima pindahan kelas 2?? kalau bisa berapa biayanya? bagaimana untuk mengejar ketinggalan khususnya pelajaran bahasa inggrisnya??saya bersedia mengikutkan anak saya les tambahan bila memang diperlukan.saya sangat menantikan jawabannya, insya allah saya akan datang langsung ke sd.terima kasih.wass

Shanty Moeis (mewakili teman2 di Al'Alaq) mengatakan...

Ass Wr Wb Mama Lina, terima kasih sudah memilih Al'Alaq.semoga sekali ini pilihannya benar, dengan senang hati kami akan menyambut bergabungnya ananda di kelas 2 pada tahun ajaran 2010-2011.pada awal2 sekolah tentunya kami akan mengevaluasi pelajaran2 mana saja yang perlu mendapat tambahan,bukan hanya bahasa inggris saja.mudah2an ananda termasuk anak yang cepat menyerap pelajaran2 yg diberikan. dan kita bisa bekerja sama dalam membimbing ananda...
terima kasih sekali lagi sudah memilih Al'Alaq, semoga sesuai hati nurani,kami selalu terbuka dalam hal menerima masukan, jadi Ibu tak perlu ragu untuk mengkomunikasikan apa yang ada dalam hati dan pikiran, karena semua demi kebaikan ananda.Insya Allah dengan kerjasama dan silaturahmi yang baik kecewanya akan hilang, bukankah untuk suatu kemajuan mundur selangkah tidak menjadi masalah, dan semua masukan akan menjadi perhatian bagi kami.Insya Allah Ibu tidak salah pilih. mengenai biaya kita diskusikan saat ibu berkunjung ke sekolah.
Wass.Wr Wb

nurbaiti iskandar mengatakan...

Ass Ibu Shanty
Pertama saya mengucapkan salam kenal, yang ke 2 saya berterima kasih anak saya diberi kesempatan trial di TK pada awal Maret kemarin,dan diperbolehkan mengunjungi sekolah elementarynya. saya kaget ternyata SD Al'Alaq sehari harinya benar2 berbahasa inggris. Anak saya waktu itu trial di kelas manga, dia sangat senang.kebetulan hobbynya memang menggambar. saya ingin mendaftar untuk SD, karena sepulang trial anak saya selalu bercerita kalau ia di ajak ngobrol dengan 2 orang teacher dg bahasa inggris.anak saya selalu mendesak untuk masuk sd nya sekarang saja. kalau trialnya 1 bulan boleh tidak ya bu, tak apa saya selesaikan administrasinya.mohon maaf saya bertanya di sini karena saya tidak punya telpon sd.terima kasih bu

Mama Hafiz mengatakan...

Semua testimoni & komentarnya sangat positif, InsyaAllah membuat saya jadi ingin menyekolahkan 2 anak saya yg kebetulan saat ini masih berada di luar negeri. Kalau diperbolehkan saya ingin menanyakan, siapakah pemilik yayasan/sekolah ini? hanya ingin mengenal lebih dekat saja, dan semoga Alloh memudahkan dalam mencapai visi misi dari sekolah ini. Amin.

bunda pasha mengatakan...

Assalamualaikum bu shanty,saya punya anak yg paling besar umurnya sekarang 5thn 2bln,tahun ini lulus TK A meneruskan TK B deket rumah,tapi 2 bulan yg lalu ada yg buat dia sedikit trauma sama gurunya yg menurut saya cara bicaranya keras untuk ke anak TK,makanya anak saya tdk mau sekolah lg disitu,skrg saya masukkan dia ke bimba,setelah tanya sana sini katanya Al.Alaq bagus makanya saya mau lanjutkan tk b nya insya ALLAH disini,apa menerima pindahan atau harus tunggu tahun depan ya?terima kasih sebelumnya :)

Anonim mengatakan...

Waalaikum salam Mama Hafiz, terima kasih atas kehadirannya di blog ini,walaupun belum sempat berkenalan, semoga kelak kalau nanti Mama berkunjung ke Al'Alaq, yang semula baru berupa 'keinginan' bisa benar2 terwujud menyekolahkan ananda di Al'Alaq.....
untuk mengenal lebih jauh, kami siap menjawab semua yang Mama ingin ketahui...karena menjadi mitra atau menjadi pasangan khan harus saling kenal,dan punya persepsi yang sama khan Ma....
02168627280 siap menanti. Terima Kasih Ma

shanty mengatakan...

Bunda Pasha... maaf membalasnya terlambaaaat sekali. Alhamdulillah ya traumatik yang di alami Pasha sebelumnya bisa hilang. Ternyata Pasha anak yang menyenangkan (adiknya juga lho...lucu)

Terima kasih atas segala pujiannya,sesungguhnya kami hanya berbuat yang terbaik saja, kalaupun ahirnya benyak yang berkesimpulan bahwa Al'Alaq sekolah yang baik, semata itu adalah anugerah Allah atas semua yang telah kami lakukan...

Selamat bergabung menjadi keluarga besar Al'Alaq ya bun... semua masukan yang konstruktif kami tunggu....

Nia Octaviani mengatakan...

Assalamualaikum wr,wb . Saya Nia, bunda dari Kayla (6 thn) yang ingin berkunjung / survey mengenai sekolah. Apakah bisa kapan saja? saya berharap hari sabtu bisa, karena kami orangtua bekerja.

Terima kasih,

martadewa mengatakan...

waah terimakasih dah review banyak sekolah disini. jadi terbantu untuk informasinya. mudah2an akan survey langsung ke lokasi. hmm kalo sabtu buka ngga ya?

Maya 'Al Alaq' mengatakan...

Bunda Kayla (ibu Nia) dan Bp Martadewa
terima kasih buat animo nya
sekolah kami hari Sabtu sebenarnya libur, tapi kalau Bapak/Ibu ingin berkunjung bisa menghubungi 68627280, kita bisa buat janji untuk kepastian waktunya... terima kasih

admin alalaq mengatakan...

kunjungi website alalaq untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap
klik aja webnya disini :
www.alalaq.sch.id

Anonim mengatakan...

Asslm,
kalau dari galaxy, jauh ga ya? kira2 brp menit waktu yg ditempuh utk sekolah di sana, dan anak saya yg satu TK dan satunya akan masuk SD tahun depan, kalau memang, ga terlalu jauh, saya mau masukan sekalian aja kakak beradik disana, dan juga masalah biaya yg jadi pertimbangan, krn kan sekaligus dua anak.

Thanks and Wass,
Anita ( Mama Ifa dan Dammar)
www.adiseko.wordpress.com

inbound jakarta mengatakan...

Salam Hormat,

Terima kasih atas kesempatan dan kerjasama yang baik selama ini dan semoga kiranya dapat ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan ini perkenankan kami dari PT. SHABILLA WISATA (sebagai BIRO PERJALANANWISATA) bermaksud memperkenalkan Paket Study Tour antara lain :

• PAKET STUDY TOUR JAKARTA PUNCAK BANDUNG (JPB)
• PAKET STUDY TOUR TRANS STUDIO BANDUNG.
• PAKET STUDY TOUR JOGJA OVERLAND
• PAKET STUDY TOUR BALI / LOMBOK OVERLAND.
• PAKET IN-OUTBOUND (Domestic & International)
• TIKET PESAWAT (Domestic & International)
• VOCHER HOTEL (Domestic & International)
• UMROH REGULER

Mohon kiranya dapat diberi kesempatan untuk menjadi Rekanan/ Mitra pada Sekolah/ Yayasan yang Bapak Pimpin.

Sebagai Refrensi Silahkan kunjungi link kami di bawah ini .

http://inboundjpb.blogspot.com/
silahkan hubungi kami jika ingin melakukan reservasi…

SHABILLAWISATA
Jl. Raya Jati Makmur Ruko Pesona Taman Mini Blok 3 No 6.
Telp. 021 -8499 8500/ 8499 8600
Mobile . 0813-8421-1114
E_mail. irwan.shabillawisata@gmail.com
YM. irwan.shabillawisata@yahoo.com
PIN BB . 288E2BEE

dwi budi utomo mengatakan...

Berkat zona skolah ahirnya kami mendapatkan seklah dg format yg selama ini kami cari.,seakan berlebihan kalau ahirnya kami pindah rumah hanya untuk mendkat ke alalaq.al alaq elementary insya allah benar benar seperti impian kami.amin

Anonim mengatakan...

ass,salam kenal saya nadia kbtulan sya sdg mencari" elemntary school utk anak saya dan sya tertarik dg sklh al-alaq ini klo boleh tahu rincian biaya masuknya brp ya?

Shanty Moeis (Al'Alaq) mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb - Yth Bp. Dwi Budi Utomo, alhamdulillah bila Al'Alaq memiliki format yang seperti Bapak dan Keluarga harapkan...semoga kita sama sama bisa berjalan dalam satu visi demi kemajuan ananda

kami menunggu kehadiran Bapak untuk mengenal lebih dekat tentang Sekolah Islam Al'Alaq - elementary, semoga Bapak semakin yakin dengan keputusan pindah rumahnya. Wass

Shanty Moeis (Al'Alaq) mengatakan...

Ass Wr Wb Bu Nadia..mohon maaf kalau lamaaaaa sekali baru dibalas, mengenai rincian masuknya Ibu bisa menghubungi sekolah di 021 84997271 atau 021 71215111 dengan Ms. Zulfa Maulida as a principle of Elementary...

Terima kasih ... Wass.

donny prakasa mengatakan...

bu mau tanya, untuk Taman Bermain ( Play group )
apakah masih dapat daftar & mohon info perincian biayanya...

Banyak terima kasih untuk sebelumnya, kami
tunggu informasinya Bu.

donny prakasa mengatakan...

mohon di informasikan juga, kapan mulai pelajaran atau masuk sekolah untuk play group?

Terima Kasih bu....

erni farida ginting mengatakan...

Assalamualaikum Miss Shanty,

Apa kabar? Mohon maaf sebelumnya, mau sedikit merepotkan.
Saya Bunda Raissa, siswa KB 3 Al Alaq thn ajaran 2012-2013. Boleh minta tolong informasi perkiraan biaya untuk elementary tahun ajaran yang sekarang? Atau jika memang sudah ada, mungkin bisa sekalian dengan perkiraan biaya masuk elementary untuk tahun ajaran berikut. Mungkin bisa dikirim ke alamat email saya : ernifaridaginting@gmail.com
Sepertinya anak saya sudah 'jatuh cinta' pada Al Alaq, maunya SD di sana saja:)
Terima kasih sebelumnya Miss.

evan suryonotonegoro mengatakan...

ass...saya Evan dr ParadiseJava Tour mungkin dr sekolah ibu ada rencana untuk study tour atau field trip bisa menggunakan jasa travel kami.harga murah dan Berkualitas.. 081280809323

terima kasih. wassalam....

Al'Alaq-Elementary mengatakan...

Waalaikumsalam Wr Wb,
Bunda Raissa, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, Amin YRA. Kami akan mengirimkan flyer beserta informasi lainnya melalui email Bunda. Thank you so much ya Bun.. Wassalam.

andi mawero mengatakan...

Ass.Wr.wb perkenalkan saya Firmansyah Mawero dari ME TravelTour & Promo
saya bermaksud menawarkan paket wisata pulau Seribu antara lain :
- Pulau PARI
- Pulau Tidung
- Pulau Harapan
untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi link kami dibawah ini
- tanahimpian. com .net .org
atau kontak saya di 0856-89-33308
0838-94-303070 ( sms only )
Pin 29F3788A
Email metraveltour@yahoo.co.id
mohon maaf untuk promosi yang mungkin agak kurang berkenan
sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Terima Kasih

Wassalam


bunda tania mengatakan...

saya bunda Tania...lgai bingung mencari sekolah TK , dan saya tertarik dengan testimoni sekolah alalaq ini. minta infonya lebih lanjut..kira2 berapa biaya masuk untuk tahun ajaran 2012/2013? thx b 4

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Ibu Shanty, salam kenal, saya orangtua dari Delvino, saat ini sedang mencari2 SD untuk anak saya untuk th ajaran 2013-2014, teman2 TK Vino banyak yg sudah masuk ke Al-Alaq tahun ajaran ini (Davin,Raizel,Diva).. Kalau boleh saya mau minta tolong diberikan perkiraan biaya masuk untuk tahun ajaran 2013-2014 dan apakah Al-Alaq menyediakan trial class? mohon kiranya dapat diinfo ke saya melalui email: savitri.indah@fajarmasmurni.com atau dbest.vitri@gmail.com.. Wassalamualaikum wr. wb. (Vitri)

Sekolah Islam Al'Alaq mengatakan...

Asalamu'alaikum Wr.Wb
terima kasih atas perhatian bunda2...
untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021-68627280/ 84973734 (Play group & Kindergarten) dan 021-7121511/84997271 (Elementary)
atau kirim email ke adm.alalaq@gmail.com.
Waasalam.

bunda vita mengatakan...

assalamu"alaikum....
saya sdh kirim email..mohon dikirm flyer n rincian biaya...krn sy tertarik dg sekolah ini. thx..

mama syirin mengatakan...

dua minggu kemaren sy baca testimoni al"alaq dizona sekolah ini...krn penasaran keesokan harinya kami survey ke TKP (heheh..) untuk syirin putri kami yang juni mendatang 4 tahun.
tempat tinggal kami di jatibening 2, krn sekalian jalan tak ada salahnya kami survey kesekolah lainnya, dan al'alaq menjadi urutan ke 3 setelah sebelumnya kami survey ke sekolah lainnya. oh y.. kami juga sempet survey ke sekolah ternama. dan hasilnya....


saat kami tiba dihalaman TK sempet terbesit ragu, krn terlihat dari depan nampak tak luas bahkan dipinggir jalan pula. hmmm.... tapi pikiran kami berubah saat kami disambut baik dan ramah oleh seorang guru (klo g salah namanya bu Maya..)kami dijelaskan panjang lebar tantang kurikulum dan metode belajarnya. kami juga diajak melihat2 fasilitas sekolah, ternyata besaaar...saya hitung sih ada 10 kelas.
tanpa pikir panjang, kami putuskan untuk daftr membeli formulir, krn sebelumnya kami dtang ke beberapa sekolah tp menurut kami al'alaqlah yg paling cocok untuk putri kami disamping biayanya pun relatif masuk akal :)

saya perlu memberi testimoni disini krn diawal terbesit banyak keraguan tentang sekolah ini. tak kenal maka tak sayang......thanks

ridha mengatakan...

Apa kabar bu shanty?
anak saya alumni tk al'alaq , sekarang dia kelas 1 smp. sampai saat ini, saya terutama anak saya sangat terkesan dg sekolah ini....
Alhamdulillah, semenjak lulus dari tk anak saya selalu dapat yang terbaik dikelasnya sampai sekarang.
salam hormat untuk bu maya.. bu novi dan bu heksa ( dari yg saya dapat informasi ibu guru ini masih ada di al'alaq :)
barvo Al'alaq...sukses selalu!
wassalam...

Sekolah Islam Al'Alaq mengatakan...

Wa'alaikum salam..
terima kasih bunda atas perhatiannya, untuk info lanjut silahkan hubungi 021-68627280 ( TK&Playgroup) dan 021-71215111/84997271 (elementary).

suhendro rasyad mengatakan...

assalamualaikum wr wb....
saya suhendro guru di salah satu sd di bekasi, dan termasuk salah satu orang yang penasaran. karena sekolah tempat saya mengajar punya 3 kelas 1 paralel..dan ranking 1 nya semua di pegang almuni al'alaq.prestasinya merata baik.dan saya sebagai guru saya salut..

sebagai ayah, saya mau menyekolahkan anak saya di tk, karena saya dengar sekolah menggaransi lulusannya bisa berprestasi di sd. pertanyaan saya berapa biaya masuknya- apakah bisa dicicil dan ada discount tidak.karena uang saya pas pasan.wassalam

bunda ilman mengatakan...

salam kenal bunda...
sekedar bagi2 info saja nih..:)
anak saya sekarang kelas 2 SD di Semarang, dulu anak saya PG n TK Al'alaq yang dijalan Ratna (dekat rumah autis klo g salah..) Alhamdulillah prestasi anak saya selalu terbaik hingga saat ini dan mudah2an seterusnya. Amiin... dan klo saya menilai memilih TK itu sangat penting untuk pondasi perkembangan anak selanjutnya.dan saya bersyukur tak salah memilih saat anak saya TK (bukan promosi lhooo...). terima kasih al'alaq....hehe

liandhara laras mengatakan...

Keponakan aku juga sekolah disini,kurikulum dan mata pelajarannya memang bagus dan top,sesuai standar.

info unik dan aneh

Ami Atha Lafa mengatakan...

assalamu'alaikum, saya Ibu Uki, mohon info mengenai biaya masuk (uang pangkal dkk) dan SPP bulanan serta kurikulum dan fasilitas yang ada untuk tingkat SD di sekolah ini, untuk menjadi bahan pertimbangan kami dalam mencari sekolah terbaik bagi putra kami tahun depan. terima kasih. wassalam.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb.mohon infonya bunda2, background pengajar sdit al alaq lulusan apa aja dan dari univ mana aja ya, galak2 gak ya, maaf loh...selama pelajaran, apakah anak diijinkan utk makan/minum, mengingat jam istirahat pastinya siang, dan terkadang anak belum sempat sarapan, klu tugas2/pr2 ada gak ya, utk para wali murid, apakah ada meeting parent rutin yang fungsinya sebagai komunikasi antara pengajar dan wali murid, demi kelancaran dan kesuksesan putra putri kami juga kesuksesan sekolah, terima kasih, wassalamualaikum wr.wb.

Debby Cassandra mengatakan...

Assalamualikum..bunda mohon info biaya pendidikan untuk di alalaq.moho info jg bun anakku skr umur 2thn7bln.untuk bicara kdg jelas kdg msh suka krg jls.apa bs msuk taman bermain kecil jika bicaranya blm jelas bgt.mksh bun

Poskan Komentar