Sekolah Alam Bekasi.

Sekolah Alam Bekasi ( SAsi ) adalah Sekolah yang didirikan oleh Yayasan Cinta Alam, suatu Yayasan yang dibentuk berdasarkan Akta Notaris Adlia Ghanie tanggal 20 Oktober 2008 No. 12. Pendiri Yayasan adalah Keluarga Drs. Djoko Darmono dan Siti Nurweni Darmomo,SH.

Mengapa dipilih model “Sekolah Alam”? Ini adalah suatu action dari Pendiri Yayasan, berangkat dari keprihatinannya melihat kondisi Tanah Air Indonesia, negeri yang begitu indah dan cantik akan tetapi tidak terawat dan dalam kondisi yang semakin rusak. Sebagai warga negara yang mencintai negerinya, terpanggil untuk berbuat sesuatu, dan sesuatu itu diwujudkan melalui jalur pendidikan. Dengan pendidikan yang baik, yang mencakup apa yang selama ini dirasa kurang diperoleh di sekolah konvensional, diharapkan generasi penerus anak bangsa akan melangkah maju menuju Indonesia yang lebih baik.

Bagai gayung bersambut, kepedulian keluarga Darmono terhadap pendidikan pun mendapat respon positif setelah pertemuannya dengan Ir. Lendo Novo selaku Penggagas Sekolah Alam. Visi dan Misi yang sejalan antara dua belah pihak menjadi tonggak berdirinya SEKOLAH ALAM BEKASI pada tanggal 1 Januari 2009 di area tanah milik sendiri seluas 8100 M2 dan beralamat di Jl. Raya Hankam No. 99 Rt 003/006, Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17432.

Mengingat pendidikan dasar merupakan awal pembentukan kepribadian anak, dan kepada merekalah harapan negeri ini disandarkan, maka Sekolah ALAM Bekasi memulai dari jalur pendidikan dasar ( PG B, TK A dan SD 1 ) untuk tahun ajaran 2009/2010 dengan 17 siswa dan 3 guru di awal berdirinya. Tidak tertutup kemungkinan, suatu ketika akan sampai juga ke jalur pendidikan menengah ( SM ).

Ijin Operasional Taman Kanak-kanak telah dikeluarkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi tanggal 3 Maret 2009 No. 421/1236-Dik 3 dan Ijin Operasional Sekolah Dasar telah dikeluarkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi tanggal 19 Oktober 2009 No. 421/4029-Dikdas/X/2009.


Play Group, TK dan SD

http://www.sekolahalam-bekasi.com/

JL Raya Hankam Jatiranggon No.99
Kel. Jatiranggun, Kec. Jatisampurna
Kota Bekasi 17432

Telp :(021)8440 170 | (021)7108 2828
Fax :(021)8440 170
email:
sasi@sekolahalam-bekasi.com
sekolah.alam.bekasi@gmail.com

berdiri tahun 2009
luas Tanah 8100 M2

bercita-cita untuk turut serta melahirkan konsep pendidikan baru sebagai cikal bakal lahirnya peradaban yang kembali pada fitrahnya

terletak didaerah yang sangat strategis, sehingga sangat mudah dijangkau dari berbagai arah bagi siapa saja, kecuali itu kondisi sekolah yang nyaman, asri, tenang dan aman

Visi:
Menjadi tempat pembinaan yang melahirkan generasi bertaqwa, berlogika ilmiah, berjiwa pemimpin dan mandiri, dengan kemampuan mengelola alam secara arif sehingga menjadi rahmat bagi semesta alam.

Misi:
Mengembangkan sebuah sistem pendidikan berkualitas berlandaskan sunnatullah dan prinsip-prinsip ajaran Islam
Memfasilitasi anak didik untuk menemukan dan mengembangkan bakat dan potensi optimalnya
Mengarahkan anak didik untuk senantiasa mencintai lingkungan, berpikir kritis, utuh menyeluruh dan cerdas, didasari aqidah yang kuat
Menciptakan suasana dan lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya pribadi-pribadi entrepreneur


di Sekolah Alam Bekasi, para siswa dilatih untuk dapat " membaca " semesta dengan cara pandang utuh atau menyeluruh.
Bersama Alam, anak-anak tumbuh & berkembang menjadi manusia terbaik ( Proses )
Kepada Alam, anak-anak mengambil hikmah/pelajaran di balik kejadian ( Observasi )

Metode Belajar,

Menerapkan metode SPIDER WEB.
Dengan berbasis tema ataupun proyek, proses belajar dikembangkan secara menyeluruh ke semua bidang ilmu dengan tujuan akhir mengenal pengatur Alam Semesta Dialah Allah SWT.

Sistem pengajaran " Spider Web " ini, akan membuat anak didik peka sekaligus terbuka dalam menyimak permasalahan dan mencari pemecahan nya yang total.

Asas Kurikulum,

Pada seluruh tingkat pendidikan, kurikulum dan penjenjangan proses pembelajaran bersifat " Luwes " senantiasa di sesuaikan dengan perkembangan kejiwaan dan " keunikan dan bakat " masing masing anak.

Pada pendidikan tingkat dasar; PG,TK & SD, kurikulum terbagi dalam 3 materi pokok:
- Pengembangan Akhlak, dengan metode belajar " Tauladan "
- Pengembangan Logika, dengan metode belajar " Action Learning "
- Pengembangan Sifat Kepemimpinan, dengan metode belajar " Outbound Training "

Melalui Proses Accelerated Learning, Siswa belajar dengan melibatkan semua potensi dirinya

Dengan Active Learning, Siswa diajak untuk Fun, Fresh and Friendly dalam belajar dan aktif dengan kegiatan observasi dan eksplorasi

INDOOR

Sarana & Infrastruktur

Sekolah Alam Bekasi adalah media pendampingan anak manusia yang bersifat praktis bukan teoritis :
tempat berlangsung nya proses belajar dari pengalaman;tempat pencarian ilmu yang terus menerus
sepanjang hayat yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan bersifat tanpa paksaan (sukarela).
Atas dasar itulah infrastruktur Sekolah Alam Bekasi yang paling utama adalah :

Fasilitator (Teachers)

Setiap kelas akan didampingi oleh 2(orang) fasilitator yang memiliki kualifikasi sarjana dan perguruan tinggi terbaik, kompetensi keilmuan sangat tinggi, serta mampu berbahasa ibu dengan baik

Ruang Kelas

Arsitektur dan interior kelas dirancang sesuai kebutuhan ruang Standar International 1 orang : 15m2 Mampu menopang suasana belajar-mengajar (diskusi, presentasi, menulis laporan) 1 kelas maksimal menampung 24 siswa dan 2 orang fasilitator

Perpustakaan

Desain arsitektur dan interior perpustakaan mengacu pada kebutuhan setiap siswa. Dalam mengakses ilmu pengetahuan dan informasi umum, produk pustaka yang akan dikelola mencakup, buku(hard printed) CD-ROM dan Internet.

Resource & Workshop Room

Ruangan khusus untuk menampung seluruh bahan-bahan/material yang digunakan sebagai alat peraga maupun proyek penelitian dan tempat bagi pengembangan teknologi tepat guna.

Computer Center

Adalah sebuah pusat information communication technology, tempat para siswa anak-anak dapat belajar secara aplikatif setiap hari nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar